Home » » Perlengkapan Arung Jeram (Rafting)

Perlengkapan Arung Jeram (Rafting)

Perlengkapan adalah salah satu syarat dalam melakukan kegiatan arung jeram. Berikut beberapa perlengkapan yang umum digunakan dalam pengarungan sungai antara lain.

1. Perahu

Perahu merupakan alat utama yang harus ada,perahu yang digunakan dalam berarung jeram ada berbagai jenis serta berbagai bentuk dan berbagai berbagai kekuatan yang berbeda juga. 
Perahu
Umumnya perahu terbuat dari bahan hypalon, polyster nylon, dan PVC (Polyvinil Chloride)

2. Pelampung (Float)

Pelampung atau Life Jackets merupakan perlengkapan perioritas utama dalam standar safety equipment arung jeram.

Pelampung (Life Jackets)

Pelampung berfungsi membantu awak perahu dalam keamanan, karena pelampung akan membuat awak perahu yang jatuh ke air akan terapung. Fungsi sekundernya sebagai body protector terhadap benturan baik rintangan sungai maupun dayung.

3. Helm (Helmets)

Helm berfungsi untuk melindungi awak perahu apabila terbentur batu atau benda keras air.
Helm (Helmets)
Terdapat 2 jenis helm antara lain :
- Helm fiber glass, sangat ringan akan tetapi bisa berbahaya. Jika terbentur bendan keras helm jenis ini mudah pecah. Pecahnya sangat gampang melukai apabila jika pecah pada saat digunakan.
- Helm plastik, lebih aman karena tidak mudah pecah, biasa helm plastik jika pecah hanya retak - retak saja.

4. Dayung 

Untuk pengarungan dengan menggunakan perahu karet dikenal 2 macam dayung berdsarkan pemakaiannya :

- Dayung paddle, digunakan untuk pengarungan perahu berawak banyak, tiap - tiap awak perahau menggunakan satu dayung. Panjang dayung umumnya berkisar 150 cm - 170 cm.

Dayung
- Dayung OAR, ukuran dayung ini lebih panjang dari dayung paddle, dikarenakan dayung OAR memerlukan rangka (frame) sebagai pegangannya. Rangka ini dipasang melintang diatas tabung perahu. Sepasang dayung OAR kanan - kiri digerakan oleh satu orang.

5. Tali Lempar (Throw Bag)

Tali lempar merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan dari perlengkapan penyelamatan 
Throw Bag
Tali lempar berfungsi dalam banyak hal dalam melakukan penyelamatan, seperti menolong orang yang hanyut, penyelamatan perahu jika perahau tersangkut (wraping), perahu tertahan di jeram dan lain sebagainya.

6. Flip Line

Flip line merupakan tali yang panjangnya kurang lebih setengah meter sampai lebih serta kedua ujungnya disimpul dengan sebuah carbiner. 
Flip Line
Flip line biasanya dipakai dipinggang para rafter dan ada juga yang dikaitkan disamping perahu. Flip berfungsi untuk melepaskan perahu yang tersangkut dibatu, membalikan perahu keposisi semula jika perahu terbalik dan melepaskan perahu dalam keadaan wrap ringan.

7. Pompa (Pump)

Pompa digunakan untuk menngisi udara perahu dan harus dibawa selama pengarungan untuk menjaga apabila udara dalam perahu berkurang.
Pompa (Pump)
Selain pompa kaki (foot pump) terdapat pula pompa yang two barrel, artinya selain dapat memompa udara ke dalam perahu juga dapat menyedot udara dari dalam perahu.

8. Peluit

Saat melakukan pengarung melakukan komunikasi lewat suara sangatlah sulit karena suara deru jeram sangat keras. Untuk mengatasinya digunakan peluit yang dibatu aba - aba dengan tangan atau dayung.
Peluit

9. Tas Kedap Air (Dray Bag)

Dray Bag seperti carrier yang terbuat dari bahan anti air dengan kapasitas yang disesuaikan dengan lama perjalanan pengarungan untuk melindungi makanan, pakaian serta perlengkapan lain yang tidak boleh basah.
Dray Bag
10. Sepatu

Untuk melindungi kaki dari kemungkinan terbuka, gunakan jenis sepatu yang dapat melindungi telapak kaki, namum pergelangan kaki tetap dapat bergerak bebas termasuk memudahkan untuk berenang. Jenis sepatu arung jeram yang digunakan biasanya jenis sepatu dengan alas yang tipis namum cukup lentur untuk kaki dapat bergerak.
Sepatu Rafting
Selain sepatu kita juga dapat menggunakan sandal gunung, karena melekat erat pada kaki.

11. Survival Kit

Peralatan survival kit harus selalu melekat di badan, akan tetapi usahakan jangan sampai mengganggun gerakan badan. 

Survival Kit
Survival kit biasanya terdiri dari pisau lipat, korek api tahan air, dan lain - lain. Survival kit biasanya digunakan dalam perjalanan panjang, terutama sungai yang belum pernah diarungi oleh para peserta atau pengarungan dalam rangka ekspedisi.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.